Pengertian Penjelasan Definisi Penyakit - Penyakit adalah suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Untuk menyembuhkan penyakit, orang-orang biasa berkonsultasi dengan seorang dokter.

Patologi adalah pelajaran tentang penyakit. Subyek pengklasifikasian sistematik penyakit disebut nosologi. Badan pengetahuan yang lebih luas tentang penyakit adalah kedokteran.

Klasifikasi Penyakit , adalah sbb :
  • Penyakit menular
Pengertian Penjelasan Definisi Penyakit menular- Penyakit yang disebabkan oleh kuman yang menyerang tubuh manusia. Kuman dapat berupa virus, bakteri, amuba, atau jamur.

Beberapa jenis penyakit yang menular:
Anthrax
Beguk
Batuk rejan (pertusis)
Beri-beri
Cacingan
Cacar Air (varicella)
Campak
Chikungunya
Demam campak
Demam berdarah
Demam kelenjar
Diare
Disentri Amuba
Eritema infektiosum (Parvovirus B19)
Hepatitis A
Hepatitis B
Hepatitis C
Impetigo
Influenza
Kolera
Lepra
Malaria
Penyakit Meningokokus
Penyakit tangan, kaki dan mulut
Rabies
Radang lambung dan usus
Rubeola
Rubella
Tetanus
Tuberkulosis
Kutu
Konjungtivitis
Kurap
Kudis
Skarlatina
Flu Burung
HIV


  • Penyakit Tidak Menular
Pengertian Penjelasan Definisi Penyakit Tidak Menular - Penyakit yang tidak disebabkan oleh kuman, tetapi disebabkan karena adanya problem fisiologis atau metabolisme pada jaringan tubuh manusia. Penyakit-penyakit tersebut contohnya ialah; batuk, seriawan, sakit perut, dan sebagainya.

  • Penyakit Kronis
Pengertian Penjelasan Definisi Penyakit Kronis - Penyakit yang berlangsung sangat lama. Beberapa penyakit kronis yang sering menyebabkan kematian kepada si penderitanya antara lain:
    AIDS
    Serangan jantung
    Kanker